Analisa Harga BTC, ETH, BNB dan XRP Jelang Keputusan Suku Bunga Bank Sentral AS

UpsidebitNews- Volatilitas pasar kripto akan kembali di uji pada saat pengumuman keputusan tingkat suku bunga oleh Bank Sentral Amerika Serikat (AS). Sementara itu, harga Bitcoin baru breakdown dari area konsolidasinya.

Tingkat suku bunga Bank Sentral AS akan diumumkan pada 27 Juli, pukul 01.00 WIB melalui Federal Open Market Committee (FOMC). Dilansir dari investing.com, tingkat suka bunga Bank Sentral AS diprediksi akan mengalami kenaikan.

Sumber: Investing.com.

Sebelumnya, suku bunga Bank Sentral AS pada bulan Juni tidak mengalami kenaikan, masih tetap berada pada level 5,25%. Untuk bulan Juli, suku bunga Bank Sentral AS diperkirakan akan mengalami kenaikan sebesar 25 basis poin atau 0,25%, dari 5,25% menjadi 5,50%.


Latihan Trading Crypto Gak Pakai Modal? Cobain Upsidebit, Unduh Sekarang Aplikasinya


Bitcoin sebagai aset kripto dengan kapitalisasi terbesar berhasil ditutup hijau, naik sebesar 0,18%, ETH mengikuti dengan kenaikan sebesar 0,41%, tetapi BNB masih koreksi dengan penurunan sebesar 0,50%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto lainnya terlihat mengalami kenaikan yang cukup signifikan sehingga menarik perhatian pelaku pasar, seperti DOGE yang naik sebesar 10,31%, THETA naik sebesar 8,65%, dan MKR mencatatkan kenaikan sebesar 6,46%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami kenaikan sebesar 0,23% setelah penurunan tajam (dump) yang terjadi pada 24 Juli, ditutup pada level $1,139 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,147 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,128 triliun.

Menghadapi kondisi pasar saat ini, sentimen pelaku pasar terlihat masih ‘wait and see’, menunggu pergerakan impulsif dari Bitcoin untuk menentukan arah selanjutnya. Fear and Greed Index naik satu poin, ditutup pada level 51 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, BNB dan XRP berdasarkan candle chart (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin terlihat bergerak sideways setelah mengalami penurunan yang cukup signifikan pada penutupan kandil harian 24 Juli. Kandil harian Bitcoin ditutup hijau, naik tipis 0,18%.

Daily candle BTC pagi ini ditutup pada harga $29.228, dengan level tertinggi berada pada harga $29.376, dan level terendah berada pada harga $29.047.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin akhirnya memutuskan untuk breakdown support setelah bergerak datar pada area konsolidasi di level $29.525-$31.431.

Penurunan harga tersebut tertahan oleh harmonic support di level $28.905 yang berfungsi sebagai tahanan terdekat saat ini. Jika aksi jual masih mendominasi, kemungkinan harga Bitcoin akan melanjutkan penurunan harga hingga area support berikutnya yang berada pada level $28.028-$28.422.

Meskipun harga Bitcoin sedang mengalami koreksi, tetapi secara garis besar, tren Bitcoin masih berada pada fase bullish. Hal tersebut karena pergerkan harga Bitcoin masih berada jauh di atas 200-day exponential moving average (EMA).

ETH/USDT Binance

ETH menunjukan perlawanan setelah mengalami penurunan tajam pada 24 Juli. Kandil harian ETH berhasil ditutup hijau dengan kenaikan harga sebesar 0,41%. Namun, volume perdagangan pada market spot Binance pair ETH/USDT masih rendah, di bawah 20-day moving average (MA).

Daily candle ETH pagi ini ditutup pada harga $1.857, dengan level tertinggi berada pada harga $1.868, dan level terendah berada pada harga $1.845.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga yang terjadi pada penutupan kandil harian 24 Juli tertahan area support pada level $1.809-$1.832. Harga ETH kembali bergerak naik setelah penurunan menyentuh area tersebut.

Dinamis support yang merupakan 50-day EMA di level $1.870 merupakang penghalang yang harus di tembus untuk menarik sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih tinggi.

Jika hal itu terjadi, kemungkinan harga ETH akan kembali retest area resistance yang berada pada area level $1.909-$1.925.

BNB/USDT Binance

BNB terlihat masih terseok-seok setelah mengalami penurunan harga pada 24 Juli. Kandil harian BNB kembali ditutup merah, dengan penurunan sebesar 0,50%.

Daily candle BNB pagi ini ditutup pada harga $237,7, dengan level tertinggi berada pada harga $239,8, dan level terendah berada pada harga $236,2.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerekan harga BNB masih berada pada bullish channel pasca penurunan harga yang terjadi pada periode 5-12 Juni. Area support pada level $220-$231 merupakan benteng pertahanan yang cukup solid apabila harga BNB kembali mengalami penurunan.

Pergerekan harga BNB ada peluang untuk kembali bergerak naik apabila bertahan pada bullish channel. Jika hal itu terjadi, maka area resistance yang berada pada level $249,4-$252,7 menjadi target naik terdekat.

Breakout bullish channel merupakan misi utama BNB untuk kembali menarik perhatian positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih lanjut. Dinamis resistance yang merupakan 200-day EMA di level $281,8 masih menjadi target naik utama saat ini.

XRP/USDT Binance

XRP berhasil menarik sentimen positif pelaku pasar kripto setelah memenangkan persidangan melawan SEC (Securities and Exchange Commission) AS. Hal tersebut mendongkrak harga XRP hingga naik 73% pada 13 Juli.

Harga XRP mengalami koreksi setelah mengalami kenaikan yang sangat signifikan. Kandil harian XRP pagi ini ditutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,97%.

Daily candle XRP ditutup pada harga $0,7089, dengan level tertinggi berada pada harga $0,7163, dan level terendah berada pada harga $0,6743.

XRP/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga XRP masih tertahan dinamis support yang berada pada level $0,7006, setelah penutupan kandil harian berhasil ditutup berada di atas level tersebut.

Jika aksi beli kembali bergairah, pergerekan harga XRP berpeluang untuk kembali menguat dengan target naik berada pada harmonic resistance di level $0,7563.

Tetapi apabila tekanan jual kembali menguat dan mengakibatkan penurunan harga hingga breakdown support terdekatnya, maka penurunan harga XRP diperkirakan akan berlanjut hingga menyentuh support selanjutnya yang berada pada level $0,6450.

Visited 16 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *