Pelaku Pasar Kripto Masih ‘Wait and See’: Berikut Outlook BTC, ETH, dan BNB dalam Seminggu Terakhir

UpsidebitNews — Dua aset kripto dengan kapitalisasi terbesar mengalami penurunan harga pada penutupan kandil mingguan pagi ini. Hal itu berdampak pada sebagian besar aset kripto lainnya.

Bitcoin mengalami penurunan sebesar 2,66%, diikuti oleh ETH dengan penurunan sebesar 1,41%. BNB berhasil ditutup hijau, meskipun naik tipis sebesar 0,04%.

Beberapa aset kripto lainnya berhasil mencuri perhatian pelaku pasar setelah mengalami kenaikan yang signifikan dalam seminggu terakhir, seperti MKR yang naik sebesar 14,88%, XDC dengan kenaikan sebesar 12,53%, dan DOGE naik sebesar 0,62%.

Weekly Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami penurunan sebesar 1,84% dalam seminggu terakhir, ditutup pada level $1,145 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,169 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,123 triliun.

Pelaku pasar kripto terlihat masih menunggu pergerakan impulsif dari Bitcoin untuk menentukan arah selanjutnya. Hal tersebut terlihat dari Fear & Greed Index yang masih berada pada level Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, dan BNB berdasarkan candle chart (1W).

BTC/USD Coinbase

Bitcoin kembali melanjutkan penurunan harga setelah kandil mingguan ditutup doji dalam empat minggu beruntun. Kandil mingguan Bitcoin pagi ini ditutup merah dengan penurunan sebesar 2,66%.

Weekly candle BTC ditutup pada harga $29.281, dengan level tertinggi berada pada harga $30.099, dan level terendah berada pada harga $28.850.

BTC/USD weekly chart Coinbase. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin terlihat terseok-seok setelah mengalami kenaikan harga yang signifikan pada penutupan kandil mingguan 19 Juni.

Harmonic resistance yang berada pada level $30.951 masih cukup kuat untuk menahan laju bullish Bitcoin. Pergerakan harga Bitcoin perlahan mengalami penurunan setelah laju bullish gagal breakout titik resistance tersebut.

Jika aksi beli masih mendominasi, penurunan harga diperkirakan akan berlanjut hingga menyentuh support terdekatnya yang berada pada level $27.649.

Hal tersebut diperkuat dengan adanya indikasi bearish divergence antara pergerakan harga yang membentuk higher high (HH) dengan relative strength index (RSI) yang membentuk lower high (LH).

ETH/USDT Kucoin

ETH masih belum mampu breakout dan masih bergerak sideways pada area resistance. Kandil ETH pagi ini ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,41%.

Weekly candle ETH ditutup pada harga $1.861, dengan level tertinggi berada pada harga $1.890, dan level terendah berada pada harga $1.833.

ETH/USDT weekly chart Kucoin. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH masih berusaha breakout ressistance terdekatnya yang berada pada level $1.911. Breakout titik tersebut merupakan kunci untuk menarik sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikan harga lebih tinggi.

Jika hal itu terjadi, kemungkinan laju bullish ETH akan mengejar harmonic resistance di level $2.230 dan membentuk higher high (HH) baru pada bullishs channel.

Penurunan harga akan berlanjut apabila pergerakan harga ETH breakdown dinamis support yang merupakan 50-week exponential moving average (EMA) di level $1.799.

Harmonic support yang berada pada level $1.607 menjadi tahanan selanjutnya apabila pergerakan harga ETH memutuskan untuk breakdown bullish channel dan dinamis support pada 50-week EMA.s

BNB/BUSD Binance

BNB masih tbergerak sideways pasca sentimen negatif yang menerpa Binance dan mengakibatkan penurunan harga yang signifikan pada penutupan kandil mingguan 5 Juni.

Kandil mingguan BNB ditutup hijau, naik tipis sebesar 0,04% dan kembali membentuk doji candlestick yang mengindikasikan adanya keseimbangan antara aksi jual dan beli.

Weekly candle BNB ditutup pada harga $242,6, dengan level tertinggi berada pada harga $244,5, dan level terendah berada pada harga $235,5.

BNB/BUSD weekly chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB masih terseok-seok untuk breakout resistance terdekatnya yang berada pada level $248,5. Penurunan harga yang terjadi pada penutupan kandil 5 Juni memberikan dampak yang signifikan terhadap pergerakan harga BNB hingga saat ini.

Breakout reistance terdekat saat ini merupakan syarat untuk kembali menarik sentimen positif pelaku pasar. Jika hal itu terjadi, maka pergerakan harga BNB memiliki peluang untuk lanjut naik dengan target berada pada level $289.

Harga terendah pada penutupan kandil mingguan 12 Desember 2022 yang berada di level $220 masih menjadi titik support terdekat apabila harga BNB kembali koreksi.

Visited 14 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *