Whale Gencar Akumulasi Jelang Halving Litecoin, Harga Masih Tertatih

UpsidebitNew — Komunitas kripto, terutama pemegang aset Litecoin (LTC), sedang menantikan pelaksanaan waktu halving. Diharapkan bahwa peristiwa ini akan menjadi pemicu positif bagi harga LTC.

Halving merupakan peristiwa pengurangan reward yang diberikan kepada penambang (miners), dan biasanya terjadi pada jaringan blockchain yang menggunakan algoritma konsensus proof-of-work (PoW), seperti LTC.

Menurut data dari nicehash, halving LTC akan berlangsung pada tanggal 2 Agustus pukul 22.16 WIB, block 2.520.000. Saat ini, para penambang mendapatkan reward blok sebesar 12,5 LTC, setelah halving, reward blok akan dipangkas setengahnya menjadi 6,25 LTC.

Sumber: nicehash.com.

Peristiwa halving merupakan fundamental positif untuk menarik perhatian positif pelaku pasar dan mempunyai peluang untuk mempengaruhi kenaikan harga LTC.

Santiment yang merupakan firma analitik data-on chain mengungkapkan bahwa terjadi penambahan yang cukup signifikan terhadap wallet yang memiliki 100-10.00 LTC. Data tersebut memberikan informasi bahwa terjadi pembelian sebesar 205.400 LTC sejak 14 Juni. Kejadian ini bahkan di labeli ‘akumulasi agresif’ oleh Santiment.

Harga LTC Masih dalam Tren Turun

Pergerakan harga LTC masih berada dalam fase down trend setelah laju bullish menemukan puncak kenaikannya pada 3 Juli. Namun, pada tanggal 28 Juli, pergerakan harga LTC berhasil breakout down trend line.

Breakout tersebut berhasil mendorong kenaikan harga LTC hingga mendekati harga tertinggi pada penutupan kandil harian 22 Juli di level $96,46.

Sayangnya, laju naik tersebut mengalami penolakan dan berhasil membalikan arah harga kembali menjadi turun. Kandil harian LTC pagi ini ditutup merah dengan penurunan sebesar 1,86%.

Daily candle LTC ditutup pada level $92,28, dengan harga tertinggi berada pada level $95,06, dan harga terendah berada pada level $91,07.

LTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Saat artikel ini dibuat, pergerakan harga LTC terlihat terus melemah. Penurunan harga tersebut diperkirakan akan kembali menyentuh support solid yang merupakan rasio 0.618 fibonacci retracement dan 200-day exponential moving average (EMA) pada level $87,70.

Titik support tersebut memiliki peluang untuk membalikan arah tren dari turun menjadi naik. Tetapi harus di ingat, identifikasi konfirmasi terhadap terjadinya pembalikan arah sangat penting.

Apabila pergerakan harga LTC mampu bergerak naik setelah menyentuh titik tersebut , maka akan berpotensi membentuk double bottom, dengan target naik berada pada neckline di level $96,46.

Selain itu, uptrend line yang terbentuk menjadi support yang harus diperhatikan. Jika penurunan harga LTC mampu breakdown garis tersebut, kemungkinan besar akan ada penurunan harga lebih dalam dengan ssupport selanjutnya berada pada level $80,20.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *