Bitcoin Kembali Menggigil Setelah Sentuh Level $30K, Berikut Outlook DOT, LTC, dan SHIB 14 Agustus 2023

UpsidebitNews — Bitcoin kembali mengalami penolakkan setelah pumping hingga menyentuh level $30K pada 8 Agustus. Hal tersebut membuktikan bahwa resistance tersebut masih cukup solid untuk menahan laju bullish.

Tiga aset utama pasar kripto di tutup merah pada penutupan kandil harian pagi ini. Bitcoin mengalami penurunan sebesar 0,43%, ETH turun sebesar 0,50%, dan BNB turun tipis 0,04%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto lainnya berhasil menarik sentimen positif pelaku pasar setelah mencatatkan kenaikkan yang cukup signifikan, seperti RUNE yang naik sebesar 8,65%, dan FET naik sebesar 9,18%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami penurunan sebesar 0,44%, di tutup pada level $1,13 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,139 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,127 triliun.

Pelaku pasar masih harap-harap cemas setelah Bitcoin tidak dapat bertahan di atas level $30K. Hal tersebut terlihat dari penurunan dari Fear & Greed Index yang di tutup pada level 50 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari DOT, LTC, dan SHIB berdasarkan candle chart (1D).

DOT/USDT Binance

DOT konsisten bergerak sideways setelah mengalami penurunan harga pada periode 30 Juli hingga 3 Agustus. Kandil harian DOT pagi ini di tutup merah dengan penurunan sebesar 1,05%.

Daily candle DOT ditutup pada harga $4,987, dengan level tertinggi berada pada harga $5,045, dan level terendah berada pada harga $4,968.

DOT/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pelaku pasar masih menunggu pergerakan impulsif dari DOT untuk menentukan arah selanjutnya. Meskipun bergerak datar, pergerakan harga DOT sempat mengalami penurunan hingga menyentuh area support di level $4,744-$4,875 pada 7 Agustus.

Dinamis resistance yang merupakan 50-day exponential moving average (EMA) di level $5,131 merupakan tahanan yang harus di tembus untuk menarik sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikkan harga lebih lanjut.

Jika pergerakan harga DOT mampu breakout dinamis resistance tersebut, maka laju naik berpotensi berlanjut mengejar resistance selanjutnya yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 28 Mei di level $5,561.

LTC/USDT Binance

LTC mengalami penurunan yang signifikan setelah laju bullish menemukan puncaknya pada 3 Juli. Harga LTC turun 30% pada periode 3 Juli hingga 3 Agsutus. Kandil harian pagi ini di tutup merah dengan penurunan sebesar 1,86%.

Daily candle LTC ditutup pada harga $81,92, dengan level tertinggi berada pada harga $83,81, dan level terendah berada pada harga $81,01.

LTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga LTC terlihat bergerak pasca penurunan harga yang terjadi pada 2-3 Agustus. Harga terendah pada penutupan kandil harian 3 Agustus di level $80,50 merupakan support terdekat saat ini.

Jika titik support tersebut di tembus, maka laju bearish diperkirakan akan berlanjut hingga titik support selanjutnya yang berada pada level $70,75.

Dinamis resistance yang merupakan 200-day EMA di level $87,20 masih menjadi target naik terdekat saat ini. Breakout titik tersebut akan menjadi pemicu positif untuk kembali menarik perhatian pelaku pasar.

SHIB/USDT Binance

SHIB mengalami penolakan ketika laju bullish menyentuh area supply yang mengakibatkan terjadinya penurunan harga. Kandil harian SHIB di tutup merah dengan penurunan sebesar 4,12%.

Penutupan kandil harian 12 Agustus yang membentuk shooting star candlestick menjadi sinyal terhadap penurunan harga yang terjadi pada penutupan kandil harian pagi ini.

Daily candle SHIB ditutup pada harga $0,00001023, dengan level tertinggi berada pada harga $0,00001084, dan level terendah berada pada harga $0,00001013.

SHIB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga SHIB kembali berada di bawah level $0,00001066 yang merupakan resistance terdekat saat ini. Meski begitu, volume perdagangan pada market spot Binance pair SHIB/USDT di tutup rendah, berada di bawah 20-day moving average (MA).

Breakout resistance terdekatnya menjadi target saat ini untuk kembali menarik sentimen positif pelaku pasar dan melanjutkan penguatan harga pada sesi bullish saat ini.

Penurunan harga masih akan berlanjut apabila aksi jual mendominasi. Jika hal itu terjadi, maka harmonic support di level $0,00000954 menjadi benteng pertahanan selanjutnya.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *