Kapitalisasi Pasar Kripto Anjlok , Berikut Outlook BTC, ETH, dan BNB 18 Agustus 2023

UpsidebitNews — Pasar kripto diterpa badai setelah keseluruhan aset di dalamnya mengalami penurunan yang signifikan pada penutupan kandil harian pagi ini. Anjloknya harga Bitcoin menjadi pemicu utama terhadap kondisi tersebut.

Tiga aset utama pasar kripto mengalami penurunan tajam (dump) pagi ini. Bitcoin turun sebesar 7,33%, ETH mengikuti dengan penurunan sebesar 6,99%, dan BNB mencatatkan penurunan sebesar 5,99%.

Daily Crypto Heatmap by: Coin360.

Beberapa aset kripto lainnya terkena dampak lebih signifikan, sebesar SEI yang turun sebesar 20%, CFX dengan penurunan sebesar 14,19%, dan XRP turun sebesar 14,01%.

Total kapitalisasi pasar kripto anjlok 6,21%, di tutup pada level $1,041 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,117 triliun, dan titik terendah berada pada level $992,997 miliar.

Kondisi bearish saat ini menjadi sentimen negatif bagi pelaku pasar kripto. Fear & Greed Index anjlok 13 poin dan kembali berada pada kategori Fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH, dan BNB pada market spot Binance menggunakan candle chart (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin mengalami penurunan tajam (dump) setelah gagal breakout resistance yang merupakan harga psikologis pada level $30K. Kandil harian Bitcoin di tutup merah dengan penurunan sebesar 7,33%.

Daily candle BTC ditutup pada harga $26.623, dengan level tertinggi berada pada harga $28.783, dan level terendah berada pada harga $25.166.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Setelah sideways dalam beberapa pekan, akhirnya pergerakan harga Bitcoin menunjukkan laju impulsif. Harga Bitcoin turun tajam hingga breakdown uptrend line.

Selain itu, pergerakan harga Bitcoin berhasil breakdown support penting yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) di level $27.283, yang saat ini berubah fungsi menjadi resistance terdekat.

Penurunan harga tersebut bahkan menyentuh area support solid yang berada pada level $24.647-$25.220. Saat ini, area tersebut menjadi target penurunan apabila harga Bitcoin kembali koreksi.

Reaksi setelah pergerakan harga Bitcoin menyentuh area ini akan menjadi petunjuk arah terhadap tren kedepannya. Penurunan harga lebih dalam akan dirasakan apabila area tersebut ditembus.

ETH/USDT Binance

ETH mengalami penurunan harga yang signifikan setelah gagal breakout 50-day EMA. Kandil harian ETH di tutup merah dengan penurunan harga sebesar 6,99%.

Penurunan harga tersebut di dukung oleh volume perdagangan yang mumpuni, mengindikasikan adanya tekanan jual yang kuat. Volume perdagangan pada market spot Binance berada di atas 20-day moving average (MA).

Daily candle ETH ditutup pada harga $1.681, dengan level tertinggi berada pada harga $1.809, dan level terendah berada pada harga $1.550.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH mengalami penurunan tajam hingga mampu breakdown 200-day EMA di level $1.788. Penurunan harga tersebut terlihat kembali menyentuh harga terendah pada penutupan kandil harian 14 Juni di level $1.630.

Titik support itu masih cukup solid untuk menahan penurunan harga ETH sehingga penutupan berada di atas titik tersebut. Meskipun begitu, penurunan harga masih menghantui untuk kembali retest titik support tersebut.

Breakdown titik support tersebut akan menjadi pemicu terhadap penurunan harga lebih lanjut. Jika hal itu terjadi, maka laju bearish berpotensi menyentuh support selanjutnya di level $1.501.

Resistance terdekat yang berada pada level $1.715 merupakan penghalang yang harus ditembus untuk kembali mendapatkan sentimen positif pelaku pasar.

BNB/USDT Binance

BNB ikut merasakan dampak yang signifikan imbas dari penurunan harga Bitcoin. Kandil harian BNB di tutup merah dengan penurunan sebesar 5,99%.

Daily candle BNB ditutup pada harga $218,1, dengan level tertinggi berada pada harga $232,4, dan level terendah berada pada harga $212,5.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Breakdown bullish channel yang terjadi pada penutupan kandil harian 16 Agustus menjadi sinyal terhadap penurunan harga saat ini. Pergerakan harga BNB melanjutkan penurunan harga setelah breakdown bullish channel tersebut.

Penurunan harga BNB saat ini menjadi kekhawatiran sendiri bagi para hodler karena berhasil breakdown area support penting yang berada di level $220-$231.

Apabila pergerakan harga BNB tidak mampu rebound masuk ke dalam area tersebut, kemungkinan laju bearish akan berlanjut dengan penurunan harga yang lebih dalam.

Jika hal itu terjadi, kemungkinan harga BNB akan retest major support yang berada pada area harga $183-$196,1 sebagai benteng pertahanan terakhir.

Visited 33 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *