Fear & Greed Index Menurun, Berikut Outlook AVAX, XLM, dan LINK 23 Agustus 2023

UpsidebitNews — Pasar kripto masih bergerak sideways pasca penurunan tajam yang terjadi pada 17 Agustus. Sebagian aset kripto masih dalam tren turun, dan lainnya terlihat mulai recovery.

Tiga aset utama pasar kripto masih bergerak lesu. Bitcoin kembali di tutup merah dengan penurunan sebesar 0,27%, ETH mengikuti dengan penurunan sebesar 1,95%, dan BNB perlahan bangkit, naik sebesar 0,24%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kirpto lainnya mulai menarik perhatian pelaku pasar setelah berhasil mencatatkan kenaikkan pada penutupan kandil harian pagi ini, seperti SUI yang naik sebesar 4,22% dan OP naik sebesar 3,14%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami penurunan sebesar 0,71%, di tutup pada level $1,027 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,037 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,001 triliun.

Kondisi pasar saat ini masih mendapatkan sentimen negatif pelaku pasar. Hal tersebut terlihat dari menurunnya Fear & Greed Index di bawah level 40 dengan kategori Fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari AVAX, XLM, dan LINK pada market spot Binance menggunakan candle chart (1D).

AVAX/USDT Binance

AVAX mengalami penurunan yang signifikan setelah laju naik tidak mampu breakout dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) pada 14 Juli. Kandil harian AVAX pagi ini di tutup merah, dengan penurunan sebesar 2,03%.

Daily candle AVAX ditutup pada harga $10,15, dengan level tertinggi berada pada harga $10,38, dan level terendah berada pada harga $9,71.

AVAX/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga AVAX mengalami penurunan sebesar 37,45% pada periode 14 Juli hingga 17 Agustus. Penurunan harga pada 17 Agustus mampu retest harga tertinggi pada penutupan kandil harian 10 Juni 2023.

Penurunan harga saat ini kembali retest support yang berada pada level $9,95. Dengan kondisi peregerakan harga yang berada pada support dan indikator relative strength index (RSI) menujukkan oversold menjadi sinyal beli bagi sebagian pelaku pasar.

Namun, konfirmasi atas aksi beli tersebut harus diperhatikan, karena tren masih berada pada lajur bearish. Penutupan kandil harian 23 Agustus akan menjadi konfirmasi yang baik apabila mampu di tutup hijau dengan volume perdagangan yang mumpuni.

Jika pergerakan harga AVAX berhasil rebound, maka kenaikkan harga diperkirakan akan menyentuh resistance di area level $11,24-$12,25. Tetapi jika aksi jual masih mendominasi dan menyebabkan penurunan harga lebih dalam, maka harmonic support di level $8,31 menjadi benteng pertahanan selanjutnya.

XLM/USDT Binance

XLM berhasil rebound setelah penurunan tajam (dump) pada market crash yang terjadi di tanggal 17 Agustus. Kandil harian XLM pagi ini kembali di tutup merah dengan penurunan sebesar 3,29%.

Daily candle XLM ditutup pada harga $0,1207, dengan level tertinggi berada pada harga $0,1249, dan level terendah berada pada harga $0,1168.

XLM/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga yang terjadi pada 17 Agustus berhasil tertahan dinamis support yang merupakan 200-day EMA di level $0,1104. Harga XLM kembali bergerak naik setelah penurunan harga menyentuh garis tersebut.

Namun, laju rebound XLM terhenti ketika menyentuh harmonic resistance yang merupakan ratio 0.618 dari fibonacci retracement di level $0,1305 dan menyebabkan penurunan harga saat ini.

Area support pada level $0,1122-$0,1149 menjadi benteng pertahanan terdekat apabila pergerakan harga XLM kembali koreksi.

Dinamis resistance yang merupakan 50-day EMA di level $0,1286 menjadi target naik terdekat sekaligus penghalang yang harus di tembus untuk mendapatkan sentimen positif pelaku pasar.

LINK/USDT Binance

LINK terlihat bergerak sideways pasca penurunan beruntun pada periode 15-17 Agustus. Kandil harian LINK di tutup merah dengan penurunan sebesar 1%.

Daily candle LINK ditutup pada harga $6,112, dengan level tertinggi berada pada harga $6,255, dan level terendah berada pada harga $5,865.

LINK/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga LINK mengalami penurunan yang signifikan pada periode 15-17 Agustus. Harga LINK anjlok sebesar 24,45% dalam jangka waktu tiga hari.

Penurunan harga LINK berhasil di tahan oleh titik support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 28 Juni di level $5,703. Harga LINK kembali naik setelah turun menyentuh titik itu.

Pasca market crash pada 17 Agustus, pergerakan harga LINK terlihat bergerak sideways. Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 29 Mei di level $6,678 menjadi titik resistance sekaligus target naik terdekat.

Visited 17 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *