Tiga Aset Utama Pasar Kripto Masih Konsolidasi, Berikut Outlook BTC, ETH, dan BNB 28 Agustus 2023

UpsidebitNews — Pelaku pasar kripto masih berhati-hati menghadapi kondisi pasar saat ini. Pergerakan impulsif dari Bitcoin akan menjadi patokan untuk menentukan sentimen pasar kripto kedepannya.

Pasca penurunan harga yang terjadi pada 17 Agustus, tiga aset utama pasar kripto masih bergerak sideways. Kandil harian Bitcoin pagi ini di tutup hijau, naik sebesar 0,32%, ETH naik sebesar 0,69%, dan BNB mencatatkan kenaikkan sebesar 0,88%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Beberapa aset kripto lainnya berhasil menarik perhatian pelaku pasar setelah mengalami kenaikkan harga yang cukup signifikan, seperti DYDX yang berhasil naik sebesar 6,28%, RUNE naik sebesar 5,08%, dan CFX naik sebesar 5%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami kenaikkan sebesar 0,42%, di tutup pada level $1,034 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,038 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,027 triliun.

Fear and Greed Index masih berada pada kategori Fear. Hal tersebut mengindikasikan belum adanya rebound signifikan yang mampu mendongkrar sentimen pelaku pasar saat ini.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari BTC, ETH dan BNB pada market spot Binance menggunakan candle chart (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin masih bergerak sideways pasca penurunan harga pada tanggal 17 Agustus. Kandil harian Bitcoin pagi ini di tutup hijau dengan kenaikkan sebesar 0,32%. Volume perdagangan kembali di tutup rendah, berada di bawah 20-day moving average (MA).

Daily candle BTC di tutup pada harga $26.101, dengan level tertinggi berada pada harga $26.182, dan level terendah berada pada harga $25.966.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin terlihat sedang konsolidasi, menunggu hingga menunjukkan laju impulsif sebagai petunjuk tren selanjutnya. Area resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $24.647-$25.220 masih menjadi benteng pertahanan yang cukup solid untuk saat ini.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 18 Agustus dan dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) yang berada pada area level $26.832-$27.168 meruapakan penghalang yang harus di tembus.

Breakout area resistance tersebut menjadi kunci untuk menarik sentimen positif pelaku pasar dan mendorong kenaikkan harga lebih tinggi. Jika hal itu terjadi, maka laju naik di perkirakan akan kembali menyentuh area resistance pada level $28.028-$28.422.

ETH/USDT Binance

ETH masih bergerak datar cenderung mengalami penurunan. Kandil harian ETH pagi ini di tutup hijau dengan kenaikkan harga sebesar 0,69%. Meskipun relative strength index (RSI) berada di area oversold, tetapi belum ada tekanan beli signifikan yang mampu menaikkan harga.

Daily candle ETH di tutup pada harga $1.658, dengan level tertinggi berada pada harga $1.660, dan level terendah berada pada harga $1.646.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH kembali rebound setelah penurunan tajam (dump) yang terjadi pada 17 Agustus mampu di tahan oleh titik support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 14 Juni di level $1.630.

Namun, laju rebound tersebut tidak bertahan lama. Saat ini, pergerakan harga ETH terlihat mendekati titik support tersebut. Jika pergerakan harga ETH mampu rebound setelah menyentuh titik tersebut, maka laju naik kemungkinan akan menyentuh resistance di level $1.715.

Tetapi, apabila titik support tersebut di tembus, maka sentimen bearish akan kembali mendominasi dan diperkirakan akan membawa harga ETH hingga turun ke support selanjutnya yang berada pada level $1.501.

BNB/USDT Binance

Laju naik BNB terhenti setelah berhasil rebound dan menyentuh area resistance. Kandil harian BNB pagi ini di tutup hijau dengan kenaikkan sebesar 0,88%.

Daily candle BNB di tutup pada harga $218,4, dengan level tertinggi berada pada harga $219,8, dan level terendah berada pada harga $215,9.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB kembali bergerak naik setelah mengalami penurunan harga pada periode 15-22 Agustus. Penutupan kandil pada tanggal 23 Agustus terlihat membentuk pola morning star candlestick, yang menjadi sinyal kenaikkan harga pada 24 Agustus.

Namun, laju naik tersebut belum mampu untuk kembali memasuki area resistance yang berada pada level $220-$231. Pergerakan harga BNB terlihat masih bergerak datar tepat di bawah area tersebut.

Penurunan harga masih menghantui apabila pergerakan harga BNB mengalami penolakan dan kembali koreksi. Jika hal itu terjadi, maka penurunan harga berpotensi kembali retest harga terendah pada penutupan kandil harian 22 Agustus di level $203,4.

Visited 6 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *