Putusan Grayscale Dorong Kenaikkan Harga Bitcoin, XDC dan STX Berhasil Curi Panggung

UpsidebitNews — Angin segar kembali berhembus setelah harga Bitcoin mengalami kenaikkan secara signifikan, sebesar 6,11% pada penutupan kandil harian pagi ini.

Berita mengenai persidangan antara Grayscale dan Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menjadi pemicu positif terhadap keseluruhan pasar kripto.

Hakim Neomi Rao mendukung Grayscale terhadap usulan Bitcoin spot ETF-nya. Hal tersebut tertuang dalam putusan Pengadilan Banding Amerika Serikat (AS) untuk Distrik Columbia pada 29 Agustus 2023.

Meskipun SEC belum angkat bicara perihal putusan tersebut, secara historikal, semua penawaran spot ETF kripto di AS di tolak. Namun, beberapa masih ditinjau seperti pengajuan dari BlackRock, ARK Invest, Bitwise Asset Management, VanEck, WisdomTree, Invesco and Galaxy Digital, Fidelity, dan Valkyrie.

SEC memiliki kekuatan untuk terus menunda putusan hingga batas waktu akhir persetujuan dari masing-masing permohonan tersebut hingga Maret 2024.

Selain Bitcoin, dua aset utama pasar kripto mengalami kenaikkan harga yang cuku signifikan, seperti ETH dengan kenaikkan sebesar 4,62% dan BNB mencatatkan kenaikkan sebesar 3,70%.

Daily Crypto Heat Mapy by: Coin360.

Beberapa aset kripto lainnya memanfaatkan momen tersebut untuk menarik perhatian pelaku pasar dengan kenaikkan harga yang tinggi, seperti XDC yang naik sebesar 24,85% dan STX dengan kenaikkan sebesar 14,86%.

Total kapitalisasi pasar kripto naik sebesar 4,78%, di tutup pada level $1,083 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,098 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,025 triliun.

Naiknya harga Bitcoin yang di ikuti oleh keseluruhan pasar kripto menjadi pemicu positif terhadap kepercayaan diri pelaku pasar. Fear and Greed Index naik tinggi hingga 10 poin, di tutup pada level 49 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari XDC dan STX pada market spot Kucoin dan Binance menggunakan daily candle (1D).

XDC/USDT Kucoin

XDC kembali menarik sentimen positif pelaku pasar kripto setelah mengalami penurunan signifikan pada periode 4-27 agustus. Harga XDC turun sebear 47,09% pada periode tersebut.

Daily candle XDC di tutup pada harga $0,06683, dengan level tertinggi berada pada harga $0,06700, dan level terendah berada pada harga $0,05351.

XDC/USDT daily chart Kucoin. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga XDC berbalik arah setelah laju bullish mencapai puncaknya pada 4 Agustus dan berhasil mencapai harga $0,09463. Laju bearish XDC berhasil breakdown support penting pada level $0,05477 pada 23 Agustus.

Tetapi pergerakan harga XDC herasil rebound pada 27-28 Agustus. Selain efek positif dari naiknya Bitcoin, penutupan hijau pada dua hari tersebut menjadi pemicu terhadap kenaikkan harga saat ini.

Kenaikkan harga XDC berhasil breakout dinamis resistance yang merupakan 50-day exponential moving average (EMA) di level $0,05469 dan harmonic resistance pada level $0,06238 yang saat ini berfungsi sebagai support terdekat.

Jika pergerakan harga XDC bertahan untuk bergerak di atas level $0,06238, maka laju naik diperkirakan akan menguat hingga menyentuh resistance selanjutnya yang berada pada level $0,06999.

STX/USDT Binance

STX kembali ‘bernafas’ setelah mengalami penurunan yang signifikan pada periode 20 Maret hingga 17 Agustus. Harga STX turun tajam sebesar 69,38% pada periode waktu tersebut.

Daily candle STX di tutup pada harga $0,5248, dengan level tertinggi berada pada harga $0,5356, dan level terendah berada pada harga $0,4448.

STX/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga yang terjadi pada market crash di tanggal 17 Agustus berhasil di tahan titik support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 10 Juni di level $0,4371.

Penutupan kandil harian pagi ini bergerak impulsif dengan kenaikkan harga yang signifikan. Kenaikkan harga tersebut bahkan berhasil breakout neckline dari pola double bottom di level $0,4989.

Selain itu, laju naik STX berhasil menyentuh support yang berubah fungsi menjadi resistance pada level $0,5313. Breakout titik tersebut menjadi kunci untuk mendorong kenaikkan harga lebih tinggi.

Jika hal itu terjadi kemungkinan harga STX akan mengejar dinamis resistance yang merupakan 50-day EMA di level $0,5562. Sedangkan, dinamis resistance pada 200-day EMA di level $0,6032 menjadi target naik utama saat ini.

Visited 11 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *