Pasar Kripto Anjlok Usai SEC Tunda Putusan ETF Bitcoin, MKR Berhasil Lawan Arus

UpsidebitNews — Pasar kripto kembali menggigil setelah keseluruhan aset di dalamnya mengalami penurunan harga pada penutupan kandil harian pagi ini. Hal tersebut dipicu oleh penurunan tajam yang dirasakan oleh Bitcoin.

Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (SEC) menunda putusan terhadap enam permohonan dana yang diperdagangkan pada bursa (ETF) Bitcoin spot. Pengumuman tersebut di umumkan pada Jumat, 31 Agustus.

SEC berasalan membutuhkan waktu lebih lama untuk meninjau permohonan tersebut. Dampaknya putusan untuk aplikasi ETF dari WisdomTree, Invesco Galaxy, Valkyrie, VanEck, Bitwise Asset Management, dan Fidelity di undur hingga 45 hari kedepan.

Tiga aset utama pasar kripto kompak di tutup merah. Bitcoin mengalami penurunan harga yang signifikan sebesar 4,98%, ETH turun sebesar 3,49%, dan BNB mencatatkan penurunan sebesar 3,17%.

Daily Crypto Heatmap by: Coin360.

Meskipun sebagian besar aset kripto mengalami penurunan harga, beberapa aset kripto lainnya berhasil lawan arus dengan mencatatkan kenaikkan harga, seperti MKR yang naik sebesar 10,53% dan DYDX dengan kenaikkan sebesar 3,94%.

Total kapitalisasi pasar kripto mengalami penurunan yang cukup signifikan sebesar 3,81%, di tutup pada level $1,027 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,0761, dan titik terendah berada pada level $1,0161 triliun.

Anjloknya harga Bitcoin yang berpengaruh pada keseluruhan pasar kripto menjadi sentimen negatif bagi pelaku pasar. Hal tersebut terlihat dari Fear and Greed Index yang mengalami penurunan tajam sebesar 12 poin, di tutup pada level 40 dengan kategori Fear.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga BTC dan MKR pada market spot Binance menggunakan timeframe harian (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin mengalami penolakan ketika laju rebound menyentuh area resistance pada penutupan kandil 29 Agustus. Hal tersebut menjadi pemicu terhadap penurunan harga yang terjadi saat ini.

Daily candle BTC di tutup pada harga $25.940, dengan level tertinggi berada pada harga $27.587, dan level terendah berada pada harga $25.655.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Dinamis resistance yang merupakan 50-day exponential moving average (EMA) di level $27.911 masih menjadi penghalang yang cukup solid untuk menghentikan laju naik Bitcoin. Harga Bitcoin mengalami penurunan harga setelah menyentuk resistance tersebut.

Penurunan tajam (dump) yang terjadi pada penutupan kandil harian 31 Agustus berhasil breakdown dinamis support yang merupakan 200-day EMA di level $27.153.

Hal tersebut menuai sentimen negatif pelaku pasar dan memperlebar kemungkinan untuk kembali turun dan retest area support pada level $24.647-$25.220.

MKR/USDT Binance

MKR berhasil mendapatkan perhatian pelaku pasar setelah kandil harian pagi ini di tutup dengan kenaikkan yang signifikan. Kenaikkan harga tersebut di dukung oleh volume perdagangan yang tinggi, berada di atas 20-day moving average (MA).

Daily candle MKR di tutup pada harga $1.155, dengan level tertinggi berada pada harga $1.227, dan level terendah berada pada harga $1.031.

MKR/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga MKR berada pada fase bullish sejak bulan Juni 2023. Harga MKR meroket sebesar 115,41% pada periode 1 Juni hingga menemukan puncaknya pada 2 Agustus di level $1.370.

Setelah mencapai titik puncaknya, pergerakan harga MKR mengalami koreksi. Penurunan harga tersebut terhenti setelah retest resistance yang berubah fungsi menjadi support di level $980.

Penutupan kandil harian pagi ini berhasil breakout garis downtrend dan menjadi sentimen positif untuk mendorong kenaikkan harga lebih tinggi.

Hal tersebut kemungkinan bisa terjadi apabila pergerakan harga MKR mampu breakout resistance di level $1.173. Jika pergerakan harga MKR berhasil breakout, maka laju bullish berpotensi untuk kembali retest harga tertinggi pada penutupan kandil harian 2 Agustus di level $1.368.

Tetapi apabila pergerakan harga MKR mengalami penolakan dan kembali koreksi, maka harmonic support di level $1.100 menjadi benteng pertahanan terdekat.

Visited 4 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *