Kembali Sentuh Major Support, DOT dalam Sorotan

UpsidebitNews — Polkadot (DOT) menjadi sorotan pelaku pasar dan komunitas kripto setelah penurunan harga kembali menyentuh major support. Kondisi tersebut menjadi momen krusial untuk menentukan pergerakan harga kedepannya.

Sebelum mengalami fase bearish, DOT menjadi salah satu aset kripto yang berhasil mencatatkan kenaikkan harga yang cukup signifikan pada awal tahun 2023.

Pada periode 1 Januari hingga 19 Februari, harga DOT mengalami kenaikkan sebesar 83,38% dan berhasil mencapai level harga $7,900 sebagai harga tertinggi sementara pada tahun 2023.

Namun, setelah menemukan puncak dari laju bullish-nya, pergerakan harga DOT mengalami penurunan harga hingga saat ini. Pasca penurunan harga pada periode 30 Agustus hingga 1 September, pergerakan harga DOT bergerak sideways.

Penutupan kandil harian membentuk doji dalam 3 hari terakhir. Kandil harian DOT pagi ini di tutup merah, turun tipis sebesar 0,07%.

Daily candle DOT di tutup pada level $4,257, dengan harga tertiggi berada pada level $4,303, dan harga terendah berada pada level $4,198.

DOT/USDT 1D chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga DOT saat ini kembali masih terseok-seok pada major support yang merupakan harga terendah pada penutupan kandil harian 28 Desember 2022 di level $4,240.

Retest terhadap major support tersebut bukan merupakan kali pertama. Sebelumnya, titik tersebut pernah di sentuh pada penurunan harga yang terjadi pada 10 Juni 2023.

Namun, pergerakan harga DOT berhasil rebound setelah menyentuh titik tersebut. Kondisi saat ini menjadi momen harap-harap cemas bagi para pemegang coin DOT, meskipun secara historikal major support tersebut berhasil membalikkan tren dari turun menjadi naik.

Laju sideways saat ini bisa menjadi akumulasi apabila pergerakan harga DOT berhasil kembali bergerak naik. Jika hal itu terjadi, maka dinamis resistance yang merupakan 50-day exponential moving average (EMA) di level $4,703 menjadi target naik terdekat.

Tetapi, apabila pergerakan harga DOT kembali koreksi dan berhasil breakdown major support, maka akan terjadi penurunan harga lebih lanjut dengan target berada pada level $3,777 sebagai titik support selanjutnya.

Berdasarkan data dari Coinmarketcap, harga tertinggi sepanjang masa (ATH) DOT tercipta pada 4 November 2021 di level $55, sedangkan harga terendah sepanjang masa (ATL) tercipta pada 20 Agustus 2020 di level $2,69.

Visited 8 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *