Bitcoin Tetap Stabil di Tengah Gejolak Inflasi AS, Perhatian Pasar Tertuju pada HBAR dan RUNE

UpsidebitNews — Bitcoin menunjukkan resistensinya terhadap pengumuman tingkat inflasi Amerika Serikat (AS) yang dilaksanakan pada Rabu, pukul 19.30 WIB.

Stabilitas harga Bitcoin berdampak positif bagi keseluruhan pasar kripto. Hal tersebut terlihat dari kenaikkan harga yang dirasakan sebagian besar aset kripto pada penutupan kandil harian pagi ini.

Dilansir dari investing.com, tingkat inflasi AS year-over-year (YoY) pada bulan Agusutus mengalami kenaikkan sebesar 0,5%, dari 3,2% jadi 3,7%. Sedangkan untuk month-over-month (MoM) naik 0,4%, dari 0,2% jadi 0,6%.

Sumber: Investing.com.

Tiga aset utama pasar kripto kembali di tutup hijau. Bitcoin naik sebesar 1,48%, ETH mengikuti dengan kenaikkan sebesar 0,92%, dan BNB naik sebesar 0,85%.

Beberapa aset kripto lainnya berhasil menarik perhatian pelaku pasar setelah mencatatkan kenaikkan harga yang cukup signifikan, seperti HBAR dan RUNE.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Meskipun pasar kripto di tutup hijau dalam dua hari terakhir, pelaku pasar masih berhati-hati akan terjadinya penurnan harga lanjutan. Fear and Greed Index naik 4 poin, ditutup pada level 45 dengan kategori Fear.

Berikut analisa pergerakan harga selanjutnya dari HBAR dan RUNE pada market spot Binance menggunakan daily candle (1D).

HBAR/USDT Binance

HBAR menarik sentimen positif pelaku pasar setelah dua hari bergerak naik pasca penurunan harga yang terjadi sejak 20 Agustus hingga 11 September. Kandil harian HBAR pagi ini di tutup hijau dengan kenaikkan sebesar 5,53%.

Daily candle HBAR di tutup pada harga $0,0496, dengan level tertinggi berada pada harga $0,0500, dan level terendah berada pada harga $0,0468.

HBAR/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga HBAR berhasil bangkit setelah retest harmonic support yang merupakan rasio 0.786 fibonacci reteracement di level $0,0476.

Saat artikel ini dibuat, pergerakan harga HBAR kembali menguat hingga menyentuh support yang berubah fungsi menjadi resistance di level $0,0536. Breakout titik tersebut akan menjadi pemicu untuk mendorong kenaikkan harga lebih tinggi.

Jika pergerakan harga HBAR berhasil breakout, maka dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) di level $0,0566 menjadi target naik selanjutnya.

Laju naik berpotensi kembali retest area resitance di level $0,0636-$0,0656 apabila laju naik HBAR mampu breakout dinamis resistance yang merupakan 200-day EMA.

RUNE/USDT Binance

RUNE menjadi salah satu aset kripto yang berhasil bertahan di tengah market crash yang terjadi pada 17 Agustus. Kandil harian RUNE pagi ini kembali di tutup hijau dengan kenaikkan sebesar 7,88%.

Daily candle RUNE di tutup pada harga $1,601, dengan level tertinggi berada pada harga $1,615, dan level terendah berada pada harga $1,474.

RUNE/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

RUNE menjadi aset kripto yang paling moncer pada bulan Agustus. Harga RUNE melonjak sebesar 116,54% pada periode 1-19 Agustus.

Namun, setelah laju bullish menyentuh major resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 29 Januari 2023 di level $1,942, harga RUNE mengalami penolakan.

Penolakan tersebut mebyebabkan pergerakan harga RUNE mengalami koreksi hingga menyentuh harmonic support yang merupakan rasio 0.5 dari fibonacci retracement di level $1,467.

Harmonic support tersebut masih cukup solid untuk membalikan arah harga dari turun menjadi naik. Pergerakan harga RUNE kembali bergerak impulsif dengan kenaikkan harga pada penutupan kandil harian pagi ini.

Resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 18 April di level $1,711 menjadi target naik terdekat sekaligus halangan yang harus dilewati.

Jika pergerakan harga RUNE mampu breakout resistance terdekatnya, maka laju naik mempunyai peluang untuk kembali menyentuh major resistance di level $1,942.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *