Waspada Volatilitas Tinggi Jelang FOMC, Berikut Outlook BTC, ETH, dan BNB 18 September 2023

UpsidebitNews — Memasuki minggu ke tiga bulan September, ada agenda penting yang harus diperhatikan karena memiliki potensi untuk meningkatkan volatilitas keseluruhan pasar kripto.

Pemicu tersebut adalah pengumuman tingkat suku bunga Bank Sentral Amerika Serikat (The Fed) melalui Federal Open Market Committee (FOMC), yang akan dilaksanakan pada Kamis, 21 September, pukul 01.00 WIB.

Dilansir dari investing.com, tingkat suku bunga The Fed diperkirakan tidak akan ada kenaikkan, dan masih bertahan pada level 5,50%. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan akan adanya perubahan.

Kenaikkan suku bunga The Fed terakhir diumumkan pada bulan Juli dengan kenaikkan sebesar 0,25% atau 25 basis poin, dari 5,25% menjadi 5,50%.

Sumber: Investing.com.

Tiga aset utama pasar kripto berhasil di tutup hijau pada penutupan kandil mingguan pagi ini. Bitcoin naik 2,65% dalam sepekan terakhir, ETH naik tipis sebesar 0,31%, dan BNB naik sebesar 1,93%.

Beberapa aset kripto lainnya menuai sentimen positif pelaku pasar setelah mencatatkan kenaikkan yang signifikan pagi ini, seperti TON dengan kenaikkan sebesar 34,95%, RUNE naik sebesar 19,14%, dan VET naik sebesar 12,41%.

Weekly Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali menghijau dengan kenaikkan sebesar 1,81%, di tutup pada level $1,035 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,049 triliun, dan titik terendah berada pada level $978,422 miliar.

Penutupan kandil mingguan pada sebagian besar aset kripto meningkatkan kepercayaan diri pelaku pasar. Hal tersebut terlihat dari Fear and Greed index yang perlahan membaik dan sudah mendekati level 50 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga BTC, ETH, dan BNB pada market spot Binance menggunakan timeframe harian (1D).

BTC/USDT Binance

Bitcoin masih belum mampu breakout resistance terdekatnya. Kandil harian Bitcoin pagi ini di tutup merah dengan penurunan sebesar 0,12%.

Daily candle BTC di tutup pada harga $26.527, dengan level tertinggi berada pada harga $26.623, dan level terendah berada pada harga $26.399.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga Bitcoin pada 11 September kembali tertahan area support solid yang berada di level $24.647-$25.220. Area tersebut berhasil merubah arah harga dari turun menjadi naik.

Kenaikkan harga yang terjadi saat ini tertahan ketika menyentuh resistance yang merupakan harga tertinggi pada penutupan kandil harian 18 Agustus di level $26.832.

Breakout titik resistance tersebut menjadi syarat untuk melanjutkan kenaikkan harga. Jika hal itu terjadi, maka laju naik Bitcoin berpotensi untuk kembali retest area resistance di level $28.028-$28.422.

ETH/USDT Binance

ETH berhasil rebound pasca penurunan yang terjadi pada 11 September. Kandil harian ETH di tutup merah dengan penurunan sebesar 0,73%.

Daily candle ETH di tutup pada harga $1.612, dengan level tertinggi berada pada harga $1.635, dan level terendah berada pada harga $1.612.

ETH/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga ETH berhasil rebound setelah penurunan harga menyentuh harmonic support yang merupakan rasio 0.786 fibonacci retracement di level $1.533.

Titik support tersebut merupakan benteng pertahanan yang penting untuk menghindari penurunan harga lebih dalam. Pergerakan harga ETH kembali bergerak naik setelah menyentuh titik tersebut.

Pergerakan harga ETH kembali koreksi saat mendekati resistance yang berada pada level $1.662. Titik resistance tersebut masih menjadi penghalang yang harus dilewati untuk bergerak lebih tinggi.

Jika pergerakan harga ETH berhasil breakout titik tersebut, maka laju naik ETH berpotensi untuk melanjutkan kenaikan dengan target berada pada dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) di level $1.748.

BNB/USDT Binance

BNB berpotensi membentuk pola double bottom, setelah berhasil rebound pasca penurunan harga yang terjadi pada 11 September. Kandil harian BNB kembali di tutup hijau dengan kenaikkan sebesar 0,74%.

Daily candle BNB di tutup pada harga $216,5, dengan level tertinggi berada pada harga $216,8, dan level terendah berada pada harga $213,3.

BNB/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga BNB berhasil rebound setelah mengalami penurunan harga pada 11 September. Penurunan harga tersebut terlihat mendekati harga terendah pada penutupan kandil harian 22 Agustus di level $203,4.

Kenaikkan harga BNB diperkirakan akan berlanjut hingga memasuki area resistance pada level $220,4-$231. Breakout area tersebut menjadi misi utama BNB untuk memicu sentimen positif pelaku pasar.

Jika pergerakan harga BNB berhasil breakout area itu, maka laju naik diperkirakan akan terus menguat hingga menyentuh 200-day EMA di level $257,6 sebagai target naik selanjutnya.

Visited 1 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *