APE dan GALA Breakout 20-Day EMA, Sinyal Reversal ?

UpsidebitNews — Volatilitas Bitcoin merupakan ujian bagi beberapa aset kripto lainnya (altcoin). Beberapa mampu bertahan, sedangkan lainnya merasakan dampak yang cukup signifikan.

APE dan GALA merupakan aset kripto yang terkena dampak terhadap volatilitas dan kondisi pasar kripto dalam beberapa bulan terakhir.

Dampak tersebut bisa terlihat dari pergerakan harga yang terus mengalami penurunan, bahkan hingga menyentuh major support.

Setelah mengalami penurunan harga pada fase bearish pasca sesi bullish di awal tahun, pergerakan harga kedua aset kripto tersebut kembali bergairah.

Pada akhir pekan, kedua aset kripto itu mencatatkan kenaikan harga yang cukup signifkan.

Apakah hal tersebut menjadi awal kebankitan kedua aset tersebut?, berikut analisa pergerakan harga APE dan GALA pada market spot Binance menggunakan timeframe harian (1D).

APE/USDT Binance

APE menunjukkan laju impulsif setelah bergerak sideways dalam dua pekan terakhir. Kandil harian APE pagi ini di tutup hijau dengan kenaikan sebesar 0,33%.

Daily candle APE ditutup pada level $1,207, dengan harga tertinggi berada pada level $1,283, dan harga terendah berada pada level $1,189.

APE/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga APE kembali memasuki musim dingin setelah laju bullish pada awal tahun 2023 menemukan puncaknya pada 26 Januari. Harga APE naik sebesar 65,93% pada periode 1 Januari hingga 26 Januari.

APE mengalami penurunan signifikan pada laju bearish yang terjadi hingga saat ini. Harga APE anjlok sebesar 83,50% pada periode 26 Januari hingga 17 September.

Harga terendah pada penutupan kandil harian 17 September di level $1,059 menjadi harga terendah sementara pada tahun 2023.

Pergerakan harga APE kembali bergairah setelah penutupan kandil 28 September berhasil di tutup hiujau dengan kenaikan yang cukup signifikan sebesar 7,89%.

Kenaikan harga tersebut berhasil breakout dinamis resistance yang merupakan 20-day exponential moving average (EMA) di level $1,186.

Kondisi tersebut bisa menjadi pemicu positif untuk pergerakan harga APE beberapa hari ke depan.

Dinamis resistance pada 50-Day EMA di level $1,368 menjadi target naik selanjutnya dan penghalang yang harus di tembus. Breakout titik menjadi syarat untuk mendorong kenaikan harga lebih lanjut.

Jika hal itu terjadi, maka laju naik APE diperkirakan akan menyentuh support yang berubah fungsi menjadi resistance di level $1,730.

GALA/USDT Binance

Volume perdagangan GALA di market spot Binance kembali bergairah seiring dengan kenaikan harga. Kandil harian GALA pagi ini di tutup hijau dengan kenaikan harga sebesar 6,61%.

Daily candle GALA ditutup pada level $0,01436, dengan harga tertinggi berada pada level $0,01492, dan harga terendah berada pada level $0,01339.

GALA/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

GALA mengalami kenaikan harga yang signifikan pada periode bullish awal tahun 2023. Harga GALA melambung tinggi hingga mencatatkan kenaikan sebesar 271,49% pada periode 1 Januari hingga 28 Januari.

Namun, pergerakan harga GALA memasuki fase bearish setelah laju bullish menemukan puncaknya di level harga $0,06293.

Pada fase bearish saat ini, harga GALA sudah mengalami penurunan sebesar 79,44% pada periode 28 Januari hingga 21 September.

Kisruh internal antara eksekutif menjadi fundamental negatif yang memperkeruh laju bearish GALA.

Pergerakan harga GALA kembali bergairah setelah bergerak datar dalam sepekan terakhir. Penutupan kandil harian pagi ini berhasil naik dan menyentuh dinamis resistance yang merupakan 20-day EMA di level $0,01444.

Breakout dinamis resistance tersebut menjadi pemicu yang baik untuk kembali menarik sentimen positif pelaku pasar.

Jika pergerakan harga GALA berhasil breakout, maka laju naik diperkirakan akan menguat hingga menyentuh dinamis resistance pada 50-day EMA di level $0,01674 sebagai target naik selanjutnya.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 30 Agustus di level $0,02080 merupakan resistance kunci untuk membalikan arah harga dari turun menjadi naik.

Jika hal itu terjadi, maka pergerakan harga GALA memiliki peluang untuk mengakhiri fase bearish dan memulai fase bullish.

Visited 6 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *