Oktober Jadi Bulan Bullish Bitcoin, Ini Alasannya

UpsidebitNews — Pelaku pasar sangat antusias ketika memasuki bulan Oktober yang menandai awal dari kuartal terakhir di tahun 2023.

Oktober selalu menjadi bulan ramah bagi pergerakan harga Bitcoin dan tentunya berdampak positif bagi keseluruhan pasar kripto.

Hal itu dikarenakan historikal data yang memicu sentimen positif tersebut. Data dari coinglass menunjukkan bahwa Bitcoin monthly return pada bulan Oktober cenderung di tutup hijau.

Bitcoin mencatatkan kenaikkan sebanyak delapan kali dan hanya dua kali mengalami penurunan pada penutupan kandil bulanan Oktober periode 2013-2022.

Bitcoin Monthly Return by: Coinglass.

Oleh karena itu, bulan Oktober memiliki julukan tersendiri yang diberikan oleh komunitas kripto yang dikenal dengan ‘Uptober’.

Harga Bitcoin Naik Memasuki Oktober

Bitcoin mengalami kenaikan harga memasuki bulan Oktober. Kandil harian Bitcoin pagi ini di tutup hijau dengan kenaikan sebesar 3,82%.

Daily candle Bitcoin di tutup pada level $27.992, dengan harga tertinggi berada pada level $28.065, dan harga terendah berada pada level $26.954.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin berhasil rebound setelah mengalami penurunan harga pada 11 September.

Penurunan harga tersebut tertahan setelah menyentuh area support pada level $24.647-$25.220.

Penutupan kandil harian pagi ini menjadi konfirmasi terhadap breakout dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA) di level $26.969.

Kenaikan harga saat ini terlihat menyentuh area resistance di level $28.028-$28.422. Breakout area resistance tersebut merupakan syarat untuk mendorong kenaikan harga lebih tinggi.

Jika hal itu terjadi, maka laju naik Bitcoin diperkirakan akan terus menguat hingga menyentuh resistance di level $29.525 sebagai target naik selanjutnya.

Pasar kripto akan kembali bergairah apabila pergerakan harga Bitcoin berhasil breakout harga tertinggi pada penutupan kandil harian 23 Juni di level $31.431.

Visited 2 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *