Menilik Potensi Solana Setelah Catatkan Kenaikan Lima Hari Beruntun

UpsidebitNews — Solana (SOL) menuai sentimen positif pelaku pasar setelah mengalami kenaikan harga dalam lima hari terakhir.

Penurunan harga SOL terjadi ketika laju bullish mencapai puncaknya pada 14 Juli. Harga SOL berhasil naik sebesar 151% pada periode 10 Juni hingga 14 Juli.

Setelah laju bullish mencapai harga $32,13 sebagai puncaknya, pergerakan harga SOL mengalami reversal dan bergerak turun. Harga SOL anjol 46,06% pada periode 14 Juli hingga 11 September.

Saat ini, pergerakan harga SOL kembali bergairah dan berhasil breakout dinamis resistance yang merupakan 200-day exponential moving average (EMA).

Kandil harian SOL pagi ini di tutup hijau dengan kenaikan harga yang cukup signifikan, sebesar 11,70%.

Daily candle SOL ditutup pada level $23,87, dengan harga tertinggi berada pada level $24,50, dan harga terendah berada pada level $21,13.

SOL/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Penurunan harga SOL terlihat membentuk pola inverse head and shoulder  yang merupakan sinyal pembalikan arah dari tren turun menjadi naik, dengan neckline yang merupakan titik kunci berada di level $20,18.

Penutupan kandil harian 30 September berhasil breakout neckline tersebut dan menjadi pemicu terhadap kenaikan harga yang terjadi saat ini.

Selain mampu breakout neckline dari pola inverse head and shoulder, laju naik SOL berhasil breakout 200-day EMA yang berada di level $21,77.

Laju naik SOL diperkirakan akan terus berlanjut hingga menyentuh area resistance di level $25,55-$27,13 sebagai target naik selanjutnya.

Reaksi setelah menyentuh area resistance tersebut menjadi kunci untuk menentukan arah selanjutnya.

Apabila pergerakan harga SOL berhasil breakout area tersebut, maka laju bullish berpotensi untuk terus berlanjutnya hingga mencapai harga tertinggi pada penutupan kandil harian 14 Juli di level $32,13.

Tetapi apabila pergerakan harga SOL tidak mampu breakout area tersebut, maka akan terjadi penolakan yang mengakibatkan penurunan harga.

200-Day EMA yang saat ini berfungsi menjadi support merupakan tahanan penting untuk menjaga momentum bullish SOL.

Volume Perdagangan Melonjak Naik

Kenaikan harga dalam dua hari terakhir didukung oleh volume perdagangan yang mumpuni.

Data dari Coinmarketcap menunjukkan, terjadi kenaikan signifkan pada penutupan volume perdagangan pada 1-2 Oktober, dengan total sebesar $1,2 miliar dalam periode tersebut.

Jumlah itu merupakan tertinggi dalam beberapa minggu terakhir, dengan  rata-rata hanya berada pada level $200-$300 juta.

Solana Historical Data by: Coinmarketcap.

Visited 6 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *