Korelasi Antara F&G Index dan Pergerakan Harga Bitcoin

UpsidebitNews — Kenaikan harga Bitcoin dalam tiga minggu terakhir telah menghasilkan pencapaian titik tertinggi baru pada Fear & Greed Index (FGI) di tahun 2023.

FGI berhasil mencapai level 74 sebagai titik tertinggi baru di tahun 2023, dengan kategori Greed. Sebelumnya, titik tertinggi tercipta pada 16 April di level 68.

Pelaku pasar menggunakan FGI untuk mengukur sentimen terhadap pergerakan harga yang sedang terjadi.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Dilansir dari alternative.me, FGI dihitung berdasarkan 5 faktor utama yaitu, volatilitas, momentum/ volume pasar, media sosial, dominasi, dan tren.

Misi utama dari pembuatan FGI adalah untuk menyelamatkan pelaku pasar terhadap reaksi emosional yang berlebihan karena fluktuasi dari pergerakan harga Bitcoin.

FGI memiliki dua asumsi sederahana, yaitu ketakutan yang ekstrim (extreme fear) dan terlalu serakah (too greedy).

Extreme fear bisa menjadi pertanda bahwa pelaku pasar terlalu khawatir dan bisa menjadi peluang untuk beli. Sedangkan terlalu serakah (too greedy) mengindikasikan pasar akan mengalami koreksi.

FGI Tinggi Jadi Sinyal Hati-hati

Berdasarkan historikal pergerekan harga Bitcoin sepanjang tahun 2023, kenaikan dari FGI menjadi sinyal hati-hati terhadap terjadinya koreksi harga.

Hal tersebut sudah terjadi ketika harga Bitcoin mencapai puncak bullish pada bulan April dan FGI mencapai level 68. Setelah itu terjadi, pergerakan harga Bitcoin mengalami koreksi.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Tidak hanya itu, ketika laju bullish pada bulan Juni dan FGI mencapai level 65, pergerakan harga Bitcoin mengalami penurunan harga setelah konsolidasi selama satu bulan.

Kondisi saat ini hampir sama dengan bulan Juni, dimana pergerakan harga Bitcoin bergerak sideways setelah kenaikan harga dan FGI berada di level tinggi. Hal tersebut bisa menjadi sinyal hati-hati bagi pelaku pasar terhadap penurunan harga yang bisa saja terjadi di kemudian hari.

Secara teknikal, laju bullish Bitcoin masih tertahan harmonic resistance yang berada di level $35.458.

Visited 5 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *