Pasar Kripto Berguncang Menghadapi Potensi Koreksi Bitcoin

UpsidebitNews — Bitcoin mengalami penurunan harga setelah empat minggu beruntun di tutup positif. Hal ini berdampak cukup signifikan pada pergerakan harga aset kripto lainnya (altcoin).

Penutupan kandil harian Bitcoin di tutup merah dengan penurunan sebesar 1,62%. Meskipung begitu, ETH terlihat bertahan terhadap volatilitas Bitcoin, naik sebesar 0,44%, dan BNB turun sebesar 2,55%.

Beberapa aset kripto lainnya mengalami penurunan harga lebih dalam, seperti GAS yang turun sebesar 12,57%, AVAX turun sebesar 15,07%, dan FTT turun sebesar 9,92%.

Daily Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto pagi ini mengalami penurunan sebesar 1,49%, di tutup pada level $1,364 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,415 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,355 triliun.

Penurunan harga yang terjadi saat ini berdampak negatif pada kepercayaan pelaku pasar. Hal ini terlihat dari Fear & Greed Index yang turun sebanyak tiga poin, di tutup pada level 69 dan masih berada pada kategori Greed.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Potensi Koreksi Bitcoin

Bitcoin mencatatkan performa luar biasa dalam empat minggu terakhir dengan kenaikan harga yang signifikan, sebesar 40%.

Harga tertinggi pada penutupan kandil harian 9 November di level $37.972 menjadi puncak tertinggi sementara di tahun 2023. Namun, harga Bitcoin mengalami koreksi setelah menorehkan rekor tersebut.

Kandil harian Bitcoin pagi ini kembali di tutup merah dengan penurunan sebesar 1,62%.

Daily candle Bitcoin di tutup pada level $36.462, dengan harga tertinggi berada pada level $37.417, dan harga terendah berada pada level $36.333.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin berpotensi sudah menyelesaikan wave 5 yang merupakan puncak dari pola Elliot wave. Kondisi tersebut menjadi sinyal hati-hati terhadap koreksi yang kemungkinan akan terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Support terdekat Bitcoin saat ini berada pada level $35.458. Reaksi apabila pergerakan harga Bitcoin turun ke level tersebut akan menentukan arah selanjutnya.

Jika berhasil rebound, maka laju bullish Bitcoin berpotensi kembali menguat dengan potensi breakout resistance di level $37.972.

Tetapi apabila support tersebut di tembus, maka akan terjadi penurunan harga lebih dalam dengan target berada pada support berikutnya di level $33.204.

Visited 13 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *