Sentimen Pasar Kripto Menurun, Berikut Analisa Harga SOL dan XRP 15 Januari 2024

UpsidebitNews — Pasar kripto kembali menggigil setelah sebagian besar aset di dalamnya mengalami penurunan harga pada penutupan kandil harian pagi ini. Hal ini terjadi sejak persetujuan ETF Bitcoin spot beberapa hari lalu.

Tiga aset kripto utama yaitu Bitcoin, ETH, dan BNB masih terlihat lesu. BTC mengalami penurunan sebesar 2,60%, ETH turun sebesar 4,09%, dan BNB turun sebesar 0,89%.

Beberapa aset kripto lainnya bahkan mencatatkan penurunan harga lebih dalam, seperti MNT yang turun sebear 8,87%, OP turun sebesar 8,57%, dan WOO turun sebear 8,80%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto turun sebear 2,58% pada penutupan kandil harian pagi ini, di tutup pada level $1,602 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,661 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,599 triliun.

Penurunan harga yang terjadi pada sebagian besar aset kripto menjadi pemicu terhadap penurunan sentimen pelaku pasar. Hal ini terlihat dari Fear & Greed Index yang anjlok delapan poin, di tutup pada level 52 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Berikut analisa pergerakan harga SOL dan XRP menggunakan timeframe harian (1D) pada market spot Binance.

SOL/USDT Binance

Volatilitas pergerakan harga SOL masih cukup fluktuatif. Hal tersebut terlihat dari terbentuknya shadow candle yang cukup tinggi dalam beberapa hari terakhir.

Kandil harian SOL pagi ini di tutup merah dengan penurunan sebesar 2,13%. Sedangkan volume perdagangan masih di tutup rendah, di bawah 20-day moving average (MA).

Daily candle SOL ditutup pada level $93,81, dengan harga tertinggi berada pada level $102,87, dan harga terendah berada pada level $93,62.

SOL/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga SOL mengalami penurunan setelah laju bullish mencapai puncaknya pada level $126,44.

Penurunan harga tersebut terus berlanjut hingga berhasil breakdown dinamis support yang merupakan 20-day exponential moving average (EMA) di level $96,63.

Jika pergerakan harga SOL terus berada di bawah 20-day EMA, maka penurunan harga berpotensi terus menguat dengan target berada pada cluster support pada area level $75,19-$80,08.

Angin segar bisa saja kembali berhembus apabila pergerakan harga SOL kembali bergerak naik dan mampu breakout 20-day EMA.

XRP/USDT Binance

XRP bergerak turun setelah laju bullish menemukan puncak pendakiannya pada 6 November. Kandil harian XRP pagi ini kembali di tutup hijau naik tipis 0,28%.

Daily candle XRP ditutup pada level $0,5763, dengan harga tertinggi berada pada level $0,5932, dan harga terendah berada pada level $0,5717.

XRP/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga XRP berada pada fase penurunan sejak 6 November. Hal tersebut terlihat dari garis downtrend yang terbentuk.

Breakout garis tersebut menjadi syarat utama untuk kembali menarik sentimen pelaku pasar. Jikal hal itu terjadi, maka pergerakan harga XRP berpotensi naik hingga menyentuh harga tertinggi pada penutupan kandil harian 25 Desember di level $0,6488.

Namun, pergerakan harga XRP masih berpotensi mengalami penurunan harga lebih dalam jika breakdown support yang berada di level $0,5582.

Jika pergerakan harga XRP breakdown titik support tersebut, maka penurunan akan berlanjut dengan support selanjutnya berada pada harga terendah penutupan kandil harian 14 Juni di level $0,4610.

Visited 27 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *