Bitcoin Koreksi Jelang Akhir Pekan, Pengaruhi Sentimen Pasar

UpsidebitNews — Pasar kripto kembali menggigil setelah Bitcoin mengalami penurunan harga pada penutupan kandil harian pagi ini. Hal tersebut mempengaruhi sentimen pelaku pasar.

Bitcoin sebagai aset kripto dengan kapitalisasi terbesar saat ini mengalami penurunan harga sebesar 3,39%. Hal yang sama dirasakan oleh ETH dengan penurunan sebesar 2,35%. Namun, BNB berhasil melawan arus dengan kenaikan harga sebesar 1,16%.

Beberapa altcoin menuai sentimen negatif pelaku pasar setelah mencatatkan penurunan harga yang signifikan, seperti HNT yang turun sebesar 10,59%, SUI turun sebesar 10,42%, dan SEI turun sebesar 11,30%.

Crypto Heat Map by: Coin360.

Total kapitalisasi pasar kripto kembali mengalami penurunan sebesar 3,17%, di tutup pada level $1,586 triliun, dengan titik tertinggi berada pada level $1,646 triliun, dan titik terendah berada pada level $1,561 triliun.

Penurunan harga yang terjadi pagi ini menuai sentimen negatif pelaku pasar. Hal ini terlihat dari penurunan pada Fear & Greed Index yang cukup tajam sebesar 12 poin, di tutup pada level 51 dengan kategori Neutral.

Fear & Greed Index by: alternative.me.

Kondisi tersebut bisa menjadi sinyal hati-hati bagi para pelaku pasar akan adanya penurunan lebih lanjut dari Bitcoin.

Bitcoin Breakdown Support

Bitcoin kembali melanjutkan penurunan harga setelah mencoba rebound dalam tiga hari terakhir. Meski begitu, volume perdagangan pada market spot Binance pair BTC/USDT masih di tutup rendah, di bawah 20-day moving average (MA).

Daily candle Bitcoin ditutup pada level $41.327, dengan harga tertinggi berada pada level $42.930, dan harga terendah berada pada level $40.683.

BTC/USDT daily chart Binance. Source: TradingView. By: Arli Fauzi.

Pergerakan harga Bitcoin kembali bergerak impulsif dengan penurunan harga yang cukup signifkan hingga mampu breakdown harmonic support yang berada di level $41.999, yang saat ini menjadi resistance terdekat.

Penurunan harga tersebut diperkirakan akan terus berlanjut hingga menyentuh harmonic support yang berada di level $39.739 sebagai benteng pertahanan selanjutnya.

Reaksi setelah menyentuh titik support ini akan menjadi acuan terhadap pergerakan harga Bitcoin selanjutnya.

Angin segar kemungkinan akan kembali berhembus apabila penurunan harga Bitcoin terhenti ketika menyentuh titik tersebut dengan peluang untuk kembali bergerak naik.

Visited 22 times, 1 visit(s) today

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *